Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak

Kami juga harus belajar dari rumah, tidak bisa bertemu dan pergi bersama teman-teman,” tutur Siswi SMPLB-B Yaat Klaten, Yasmine. Yasmine merupakan satu dari jutaan remaja di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Untuk tetap menjaga kesehatan mental diri dan remaja lainnya, ia telah membuat suatu karya melalui gambar komik digital agar lebih menarik untuk dibaca dan dapat menghibur teman-teman seusianya.

Selain menjaga diri sendiri, memastikan orang tersayang baik-baik saja juga penting agar anak muda dapat meredakan stres. Adapun caranya adalah dengan memberikan dukungan sosial, menghindari Slot Online penyebaran virus dengan menerapkan 3M menjadi upaya penting yang dapat dilakukan. Jangan lupa untuk melibatkan anak-anak dalam perencanaan dan proses memasak Anda ya, Moms.

Kemampuan linguistik anak bisa meningkat dengan kebiasaan menulis buku harian. Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan program konseling kesehatan mental free of charge untuk anak-anak yang terkena dampak pandemi COVID-19. Kesehatan mental yang buruk bisa menimbulkan perubahan serius dalam cara anak belajar, berperilaku, atau menangani emosinya. Psikolog sekaligus dosen di Universitas Pendidikan Indonesia , Ifa H. Misbach menjelaskan pentingnya menjaga emosi baik bagi orangtua dan anak selama masa pandemi COVID-19. Ketika anak sudah mulai menunjukkan keinginan untuk melakukan secara mandiri, berikan kesempatan mereka untuk melakukannya. Misalnya, anak ingin ikut memegang pisau saat melihat ibu memotong buah, kita dapat memberikan anak pisau khusus anak dan berikan sesuatu yang juga dapat dipotongnya.

Kesehatan mental anak adalah hal yang penting

Kesehatan harus menjadi perhatian sejak ibu menjalani program kehamilan dan sejak anak masih di dalam kandungan. Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi vitamin, Anda juga perlu menambah pengetahuan dengan membaca buku kesehatan. [newline]Buku kesehatan bukan hanya dibaca oleh tenaga kerja kesehatan, melainkan juga masyarakat umum. Terlebih lagi, kini banyak buku kesehatan yang ditulis dengan gaya bahasa populer sehingga lebih mudah dipahami. Erwin Mulyo menambahkan, para tenaga kesehatan yang menjalankan tugas di garda terdepan selama pandemi ini juga selalu memberikan semangat.

Hari Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO dan dipandang sebagai kesempatan menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan international setiap tahunnya. Tanggal 6 Aril merupakan Hari Nelayan Nasional yang telah ditetapkan sejak fifty seven tahun yang lalu sejak masa pemerintahan Orde Baru. Hari Nelayan Nasional ditetapkan untuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan Protein dan Gizi seluruh masyarakat Indonesia.