Pandemi Corona, Akankah Terjadi Krisis Pangan Di Indonesia?

Bahkan yang paling ekstrim, mulai muncul gerakan yang menuntut presiden mundur karena dianggap tidak mampu menangani pandemi Covid-19. SINGARAJA – Dalam situasi krisis yang masih melanda negeri ini karena pandemi Covid-19, kalangan muda harus tetap mengedepankan rasa bersyukur. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk bisa bangkit sehingga tetap produktif, berperan nyata, dan berkontribusi positif bagi kehidupan masyarakat kebanyakan yang terdampak oleh krisis akibat pandemi ini. Pada intinya, masalah-masalah dalam bidang ekonomi yang dihadapi pemerintah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi kita sebagai warga negara yang baik semestinya ikut membantu dalam mengatasinya. Banyak cara yang dapat diupayakan dimulai dengan melakukan program-program serta kebijakan-kebijakan.

Banyak yang sedang mengalami krisis pada saat pamdemi

Masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah. Sektor industri non-migas mengalami dampak dari wabah virus corona atau COVID-19. Menurut Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Prijambodo dampak yang dialami industri ialah menurunnya permintaan barang/jasa dari pasar domestik dan world. Äkibatnya, neraca keuangan perusahaan terganggu dan terjadi pemutusan hubungan kerja. Bisnis makanan dan minuman dianggap kebal terhadap kondisi krisis karena pada situasi apapun, manusia tetap butuh makan dan minum bahkan kondisi serba sulit sekalipun. Dengan begitu, bisnis di bidang kuliner ini tidak akan pernah surut atau kehilangan konsumen.

Ditambah dengan kenaikan kurs dollar yang signifikan, industri semakin kesulitan mendapatkan bahan baku dan memilih mengurangi impor. Khusus untuk masa pandemi ini, pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan menerbitkan kebijakan countercyclical atau kebijakan stabilitas ekonomi. Dalam peraturan tersebut, bank Agen Bola Online akan memberikan stimulus untuk debitur yang terdampak COVID-19.

Kebijakan moneter tujuan utamanya adalah mengendalikan jumlah uang yang beredar . [newline]Kebijakan yang bersifat ekspansif dilakukan pada saat perekonomian sedang menghadapi masalah pengangguran yang tinggi. Tindakan yang dilakukan pemerintah adalah dengan memperbesar pengeluaran pemerintah atau mengurangi tingkat pajak. Adapun kebijakan fiskal kontraktif adalah bentuk kebijakan fiskal yang dilakukan pada saat perekonomian mencapai kesempatan kerja penuh atau menghadapi inflasi.

Untuk merealisasikan optimisme tersebut perlu adanya kerjasama dan sinergi lintas sektor, diantaranya kementerian dan lembaga-lembaga pusat, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta pemerintah dan pihak industri. Terlebih lagi sinergitas juga diperlukan pada inside pelaku industri, misalnya pengusaha dan serikat pekerja perlu ada harmonisasi yang baik. Penyesuaian tersebut perlu segera direalisasikan karena akan mempercepat restoration section yang diproyeksikan akan berlangsung pada tahun 2021.

Dalam kondisi ekonomi yang sedang sulit, masyarakat harus melakukan pertimbangan dan mengambil kebijakan terkait pengelolaan hutang. Masyarakat perlu melihat kembali besaran hutang yang dimiliki beserta tenor pinjamannya agar tidak lupa terhadap kewajiban yang dimiliki. Apabila masyarakat lupa untuk membayar kewajibannya, maka masyarakat harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar denda keterlambatan. Jika ingin menghindari denda tersebut, masyarakat dapat mengambil kebijakan pelunasan dipercepat yaitu melunasi hutang lebih awal dari jangka waktu yang ditetapkan.

Di samping itu, pemerintah juga mengalokasikan dana APBN 2020 untuk pemulihan ekonomi sebesar Rp 695,23 triliun. Indeks Manufaktur pada bulan Desember 2020 mencapai 51,3, atau berada di degree ekspansi. Indeks manufaktur yang telah kembali ke titik 50 poin pada November dan Desember 2020 merupakan satu indikator bahwa perusahaan manufaktur kembali berekspansi karena mengalami peningkatan penjualan yang berakibat pada peningkatan produksi. Selama pandemi, PMI pernah mencapai level terburuk dengan skor hanya 27,5 pada April 2020.