Sehari Gak Lihat Hp Stres? Ini 12 Cara Bebas Kecanduan Ponsel

Untuk itu, sebaiknya Mama dan Papa tidak memberikan gadget begitu saja pada si Kecil. Meskipun gadgetmemungkinkan banyak tugas lebih mudah terselesaikan dengan waktu yang singkat, tetapi penggunaannya pada anak perlu dibatasi. Hal lainnya, yang jauh lebih baik adalah jangan memainkan gadget di depan anak. Bila itu suatu kebutuhan karena berkaitan dengan pekerjaan, disarankan untuk mengambil ruangan terpisah dari anak. “Karena kalau anak nonton terus maka jadi duduk terus, input untuk belajar bergerak juga jadi berkurang, secara otot dan tulang juga kurang banyak terstimulasi,” kata dia.

Studi ini menunjukkan SDD membuat otak anak menyusut hingga memengaruhi kemampuan mengatur rencana, organisir dan sebagainya. Selain terjadi pada anak, remaja dan orang dewasa juga menghadapi dampak negatif dari paparangadgetyang berlebihan. Namun, karena otak anak masih berkembang, maka dampaknya akan lebih buruk bagi anak-anak. Orang tua harus melakukan berbagai cara agar anak tidak terpapar oleh dampak negatifgadget. Perbedaan gadget dengan alat elektronik lainnya adalah pada gadget selalu ada pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat manusia dapat menggunakannya lebih praktis dan canggih. Contoh gadget ini adalah smartphone seperti iphone, blackberry, notebook, pill, dll. [newline]Di zaman sekarang ini, tidak hanya orang dewasa yang menggunakan alat elektronik ini, namun remaja bahkan anak-anak pun menggunakan gadget.

Penggunaan gadget memang dapat memberi banyak manfaat dalam hal kemudahan mengakses beragam informasi atau pelayanan. Namun, di balik manfaat tersebut ada juga risiko buruk yang harus diwaspadai, terutama pada anak. Itu tadi sejumlah suggestions yang bisa moms coba untuk mencegah anak kecanduan gadget. Pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya.

Ini akan berpengaruh pada kemampuan anak untuk fokus, membangun kosakata, bahkan untuk memahami tingkah laku, serta kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Lalu, bagaimana ya Ma untuk menghindari dampak negatif penggunaan gadget pada anak? Coba berikan alternatif untuknya sebagai penggantinya, seperti membuat kerajinan tangan, bermain bola, atau major PRAGMATIC PLAY ke taman rekreasi. Beri pilihan aktivitas yang bisa sangat mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Beri juga pemahaman pada anak untuk tidak sembarangan memberikan identitas seperti nama lengkap, alamat sekolah, alamat rumah dan nama orang tua kepada orang yang tidak dikenal.

Cara agar anak tidak ketagihan alat elektronik

Anak juga akan lebih merasa bebas karena sudah mendapatkan kepercayaan dalam bermain gawai. Ini sebenarnya tidak apa-apa bagi anak-anak jika untuk hal-hal yang positif dan terarah serta di bawah pengawasan orang tua. Jika langkah-langkah tersebut tidak dilakukan, dikhawatirkan akan merugikan anak-anak.