9 Cara Ampuh Atasi Anak Susah Makan Sayur

Bentuk atau sajian yang unik dapat membuat anak jadi mau makan sayur. Agar anak suka makan sayur, maka Anda harus membiasakan mereka untuk makan sayur sejak kecil, tepatnya saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI. Jika sudah terbiasa dengan buah dan sayur sejak dini, anak tidak akan mengalami kesulitan untuk mengonsumsi buah dan sayur ketika sudah menginjak usia di atas satu tahun. Sebaliknya, anak yang sudah terbiasa dengan buah dan sayur bisa jadi tidak menyukai makanan yang terlalu manis, asin atau berlemak. Dr. dr. Saptawati Bardosono MSc, mengatakan, sebaiknya ibu bisa lebih sabar dalam memberi pengertian ketika sang anak menolak saat diberi makanan yang mengandung sayur dan buah.

Tips selanjutnya, orangtua jangan sampai menyerah jika anak masih susah mengonsumsi sayuran dan buah. Sudah seminggu puasa Ramadhan, tapi si kecil yang sedang belajar puasa tidak suka makan sayur saat sahur dan berbuka. Anda sebagai orangtua tentu khawatir dengan sistem pencernaannya. Selain itu, anda bisa mencoba ide baru dengan menyajikan makanan seunik mungkin.

Ajak si Kecil ke toko dan biarkan ia memilih sendiri peralatan makan yang disukainya. Bisa jadi si Kecil tidak mau makan karena tidak berselera dengan penyajian makanan yang Ibu berikan. Untuk menyiasatinya, hiasi makanannya semenarik mungkin, Bu.

Cara agar anak mau makan sayur

Walau dicampur dengan makan lain, tetap saja ENDEUSiast akan mendapatkan manfaat dari nutrisi dalam sayur. Percampuran antara buah dan sayur bisa mempermudah ENDEUSiast untuk meminumnya. Jika sudah terbiasa, maka ENDEUSiast bisa perlahan-lahan untuk langsung minum jus sayuran tanpa bahan campuran apapun. Kandungan nutrisi yang didapat pun murni dari sayuran itu sendiri. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimum Bandar Slot Online untuk memberi makan kepada bayi.

Saat anak tidak suka makan sayur, Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan lain yang ia suka. Misalnya, blender sayuran, lalu campurkan ke dalam daging ayam dan tepung untuk dibuat nugget atau bakso. Secara tidak langsung ia akan makan sayur dalam wujud yang berbeda. Kacang-kacangan, khususnya legume dan polong, ternyata bisa menjadi makanan penguat kandungan. Pasalnya, kacang polong mengandung banyak serat dan protein yang baik untuk wanita hamil.

Pertama, kenali bahwa akan banyak pengulangan sebelum si kecil menerima makanan baru. Jika Anda ingin menawarkan sayuran sebaiknya beritahu dahulu tentang manfaat dari sayur. Walaupun belum berhasil, lakukan secara terus-menerus agar ia mau makan sayur.