Mengurangi Resiko Kecanduan Gawai Gadget Pada Anak

Cenderung bersifat agresif, berwatak keras, mudah marah, impulsif, lebih ingin mendominasi orang lain, kurang berempati, dan dapat dijauhi oleh orang lain. Pertama, sibukkan anak dengan kegiatan dan tidak menggunakangadgetselama melakukan kegiatan tersebut. Anak-anak yang ketergantungangadgetdisebabkan karena tidak ada kegiatan anak yang dapat dikerjakan. Karena tidak ada keadaan yang memaksa anak kita untuk melakukan sesuatu, maka timbul perasaan malas dan enggan untuk bergerak karena terbiasa tidak melakukan sesuatu. Para peneliti di National Radiology Protection Board, Inggris, mengatakan, radiasi elektromagnetik yang dihasilkan dari gadget dapat merusak DNA dan mengakibatkan tumor otak. Saat menggunakan gadget, persen energi radiasi yang dipancarkan dari gadget diserap oleh kepala.

Cara agar anak tidak ketagihan alat elektronik

Gadget ini sebenarnya dibuat untuk membantu manusia dalam melaksanakan aktifitasnya, misalkan komunikasi yang berjarak jauh dapat tetap dilakukan jika menggunakan alat komunikasi seperti gadget ini. Selain itu, fungsi gadget yang lainnya adalah efisiensi kerja dan hiburan . Sebagai orang tua di zaman fashionable, Nucha dan Ario sendiri memberi batasan dalam pemberian gadget pada anak.

Mereka bermain dengan alat yang dikendalikan kecerdasan buatan mengunakan alat maya dengan isi relitas gabungan antara nyata dan khayalan yang terhubunga secara global. Lingkungan bermain tersebut mencetak pikiran, perasaan, perilaku dan kebiasaan hidup yang berbeda dan khas. Beberapa ahli neuroscientists dan ahli psikhologi bahkan meyakini bahwa pikiran mereka berbeda dengan generasi pendahulunya. Kondisi ini membangkitkan kehawatiran orang tua dan guru yang sangat besar dan kerap memancing kemarahan.

Hindari memposting hal-hal yang sifatnya pribadi, seperti alamat rumah, debit card dan usahakan untuk tidak over-sharing di social media. Pertama, dengan menggunakan teknologi untuk mencegah orang mengalami dan melihat bullying. Misalnya, orang dapat mengaktifkan pengaturan saring komentar yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk otomatis menyaring dan menyembunyikan komentar bullying yang bertujuan untuk melecehkan atau membuat marah orang.

Tampaknya gadget memberikan pengaruh besar terhadapan kehidupan kita saat ini. Semua orang pasti sudah memiliki gadget, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia sekalipun. Tak heran jika saat ini banyak penggunaan gadget yang berlebihan dan disalahgunakan. Pada anak usia 2-5 tahun, penggunaan screen PRAGMATIC PLAY media harus dibatasi hanya 1 jam per hari yang berisi program yang berkualitas tinggi.

Misalnya, berapa lama waktu menggunakan perangkat di luar aktivitas pembelajaran online. Kemudian, lakukan pembaruan terkait dengan apa yang saat ini dicintai oleh anak-anak. Orang tua tidak perlu malu untuk ikut belajar tentang perangkat teknologi terbaru yang biasa digunakan.